Kompetensi Lulusan

Lulusan PS Pendidikan Biologi UMP memiliki kompetensi utama yang meliputi empat kompetensi, yaitu pedagogik, kepribadian sosial dan profesional.

Kompetensi pedagogik :

Menguasai karakteristik peserta didik siswa sekolah menengah dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, sehingga mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.

Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga mampu mengembangkan desain pembelajaran serta menyelenggarakan pembelajaran biologi yang mendidik.

Mampu mengembangkan kurikulum biologi sekolah menengah dan mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran biologi di sekolah.

Mahir menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar biologi siswa sekolah menengah serta memanfaatkannya untuk melakukan tindakan refektif guna meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.

Kompetensi Kepribadian

Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia sehingga mampu menjadi pribadi yang jujur, berakhak mulia, mantab, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.

Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi, bangga menjadi guru, serta menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

Kompetensi Sosial

Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif sehingga mampu beradaptasi di tempat bertugas di seluruh wilayah Republik Indonesia

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarkat baik secara lisan maupun tulisan.

Kompetensi Profesional

Memahami konsep-konsep, teori-teori, hukum-hukum biologi beserta terapannya  sehingga mampu berfikir kreatif dan inovatif dalam pengembangan bidang ilmu biosains dan bioteknologi maupun cara pembelajaran biologi yang benar.

Bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif guna memahami struktur ilmu biologi dan ilmu-ilmu yang terkait serta pikiran-pikiran yang mendasari perkembangan biosain dan bioteknologi.

Terampil menggunakan peralatan-peralatan laboratorium biologi, media pembelajaran, maupun teknologi informasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di kelas, laboratorium, maupun lapangan.

Menguasai prinsip-prinsip dan pedoman pengelolaaan dan keselamatan kerja di laboratorium biologi dan terampil menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di laboratorium maupun lapangan.

HUBUNGI KAMI

  Program Studi Pendidikan Biologi

  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202

  Purwokerto 53182

  Kembaran, Banyumas

  Telp : (0281) 636751, 630463, 63424

  Fax  : (0281) 637239